//adsense

Thursday, May 3, 2018

Pengalaman Tes di Pamapersada Nusantara

Pengalaman Tes Kerja di Pamapersada Nusantara

Seleksi PAMA

PT Pamapersada Nusantara (PAMA) adalah perusahaan yang bergerak dalam bisnis “mining & earthmoving contractor”. Kini PAMA secara aktif mengelola sejumlah besar pertambangan batubara, emas, quarry dan sebagainya, mengerjakan konstruksi bendungan dan pengerjaan jalan serta berbagai proyek penggalian bumi dan transportasi yang beroperasi di seluruh Indonesia.

Sampai dengan saat ini, PAMA memiliki  anak perusahaan antara lain PT Kalimantan Prima Persada, PT Prima Multi Mineral, PT Pama Indo Mining, PT Asmin Bara Bronang, PT Asmin Bara Jaan, dan PT Multi Prima Universal.

Saya akan membagikan pengalaman saya saat mengikuti proses seleksi PT PAMA. Seleksi ini adalah yang terakhir kali saya ikuti saat tulisan ini dibuat. Rangkaian proses seleksi dimulai dari bulan April 2018. Tes ini diadakan di Universitas Padjadjaran. Sebelum mengikuti tes saya sarankan untuk istirahat yang cukup serta sarapan, karena tes nya akan menguras tenaga. Tahapan tes yang saya lalui selama mengikuti proses seleksi diantaranya:

Tahapan Psikotes PAMA

PAMA berkerja sama dengan Aktiva saat melaksanakan proses psikotes, 

Bagian 1.
Psikotes TIKI (Tes Intelegensi Kolektif Indonesia)
(Harap diingat bahwa jenis soal psikotes bisa berbeda, tergantung penyelenggara tes)
Psikotes TIKI yang saya ikuti terdiri dari 4 sub-tes:
1. Berhitung angka (40 soal)
  Tentang penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, soalnya tidak sulit, hanya saja waktunya 5 menit untuk mengerjakan semua soal. Jadi perlu ketelitian dan kecepatan berhitung yang tinggi
2. Gabungan Bagian (26 soal)
   Mencari bentuk potongan bentuk 2D yang paling sesuai dengan soal pada pilihan jawaban yang ada
3. Hubungan kata (50 soal)
    Mencari hubungan kata pada soal, baik persamaan maupun lawan kata
4. Membentuk Benda (40 soal) (kalau tidak salah)
    Mencari bentuk benda sesuai dengan soal yang ada

*Sebagai catatan psikotes TIKI terdiri dari banyak sub-tes seperti analogi kata, deret angka, meneliti, bayangan cermin, dsb., hanya saja yang diujikan saat saya tes hanya 4 sub-tes saja
**saat ini saya belum menemukan contoh soal ataupun materi tentang psikotes TIKI

Bagian 2.
Tes pauli merupakan psikotes yang terdiri dari gugusan angka-angka yang tersusun secara membujur dan berbentuk jalur-jalur. Sebelum mulai mengerjakan tes, harap dengarkan instruksi dengan hati-hati karena terkadang aturan pengerjaan tes ini berbeda antar penyelenggara tes.
Cara mengerjakan tes pauli ini sangat sederhana, yaitu dengan menjumlahkan deretan angka-angka. Namun jumlah deretan angka yang diberikan sangat banyak, angka-angka tersebar pada kertas seukuran lembaran koran, karena itu tes ini dikenal sebagai tes koran.

Bagian 3.
Tes Menggambar
Terdiri dari 4 sub-test:

  1. Melengkapi Gambar (Wartegg Test)
  2. Menggambar Pohon
  3. Menggambar Orang
  4. Mengarang Bebas, membuat karangan bebas yang terdiri dari 1/2 halaman kertas A4
Bagian 4.
Tes ini berisikan 90 soal dan tiap soal hanya ada 2 pilihan dan dipilih salah satu yang paling benar atau mendekati benar sesuai dengan kepribadian peserta tes. Tidak ada jawaban benar atau salah. Banyak peserta yang tidak lulus gara-gara tes sederhana yang tidak perlu pake mikir  padahal mereka punya skill, pengalaman, dan pendidikan yang tinggi. Lalu kenapa? Ternyata HRD perusahaan sebenarnya lebih condong merekrut karyawan yang memiliki sifat-sifat, kebiasaan, dan sikap tertentu berdasarkan karakter kepribadian si pelamar kerja untuk menempati posisi di perusahaannya bukan keterampilan atau pengetahuannya

Dibawah ini merupakan contoh lembar jawaban PAPI kostick

Lembar Jawaban Tes PAPI Kostik

Bagian 5.
Hasil psikotes akan langsung diumumkan segera setelah psikotes selesai dan yang lolos berhak mengikuti interview HRD. Jadwal interview HRD ada di hari yang sama saat psikotes atau pun keesokan harinya. Selanjutnya peserta yang lolos mengisi form lamaran kerja yang disediakan, nantinya form ini akan digunakan sebagai acuan saat interview HRD. Selain itu peserta yang lolos diberikan test kepribadian lagi.

Tes Kesiapan Kerja di PAMA
Tes ini terdiri dari 180 pernyataan seputar kesiapan kerja serta sikap kerja bila diterima di Pamapersada Nusantara. Tugas kita adalah untuk menentukan setuju atau tidak setuju terhadap pernyataan tersebut sesuai dengan skala : SS (Sangat Setuju), S (Setuju), C* (Antara setuju dan tidak setuju), TS (Tidak Setuju), STS (Sangat Sidak Setuju).

Interview Human Resources Department

Interview HRD diselenggarakan di ruangan yang sama. Sebelum memulai interview, HR akan meminta form lamaran kerja serta CV peserta. Pertanyaannya seputar kepribadian peserta tes, kegiatan selama kuliah, organisasi, pengalaman kerja, motivasi kerja, kenapa memilih PAMA, mengenai posisi yang diambil. Saat itu saya mengambil posisi "Engineering Group Leader", yang ditanya apa saja tanggung jawab seorang engineer, contoh kasus pengambilan keputusan tersulit itu saat kondisinya bagaimana, contoh kasus mendesain area tambang baru dan tambang produksi. Intinya tanggung jawab engineer dari awal sampai akhir secara garis besarnya saja.

Saat tulisan ini dibuat penulis masih menunggu hasil Interview HRD yang dijanjikan akan diumumkan 2-3 minggu setelah interview HRD. Bagi peserta yang lolos tahap interview HRD akan dihubungi by phone.
Tulisan ini akan saya update setelah pengumuman.
Tahapan seleksi yang belum saya ikuti sesuai dengan pengumuman:
  • Interview User
  • Interview Direksi
  • Medical Check-up