Saturday, May 5, 2018

Cara Mengerjakan Psikotes Wartegg

Tes Wartegg

Psikotes Wartegg adalah salah satu jenis psikotes dimana peserta akan diminta untuk melengkapi gambar yang ada. Setiap gambar pada kotak harus merupakan bagian dari gambar yang akan dibuat.

Tujuan Dilakukannya Tes Wartegg

Tes Wartegg betujuan untuk mengetahui struktur kepribadian seseorang. Pada tes ini yang dilihat bukan dari segi artistiknya namun lebih ke arah diagnostik peserta tes, seperti bagaimana cara peserta tes melengkapi gambar yang ada.

Prosedur Pengerjaan Tes Wartegg

  1. Lengkapi potongan gambar yang ada dan selalu ingat bahwa potongan gambar adalah bagian dari gambar yang dibuat.
  2. Setelah selesai menggambar, segera beri angka diatas atau dibawah gambar sesuai dengan urutan gambar yang dibuat.
  3. Tentukan gambar mana yang paling mudah dibuat kemudian beri tanda (M) disebelah nomor urut gambar, dan tanda (S) untuk gambar yang paling sulit dibuat.
  4. Tentukan gambar yang paling disukai dan beri tanda (+) di sebelah nomor urut, dan tanda (-) untuk gambar yang paling tidak disukai. Gambar yang disukai dan yang paling sulit boleh berada pada 1 gambar.
Contoh hasil pengerjaan tes
Jawaban Tes Wartegg

Sifat Objek Pada Tes Wartegg

Tes Melengkapi Gambar
  • Gambar 1. merupakan 1 titik yang terpusat, aspek yang dinilai berkaitan dengan karakter sesorang dalam melakukan penyesuaian diri terhadap lingkungan baru.
  • Gambar 2. merupakan goresan kecil seperti gelombang, memperlihatkan sesuatu yang hidup serta bergerak bebas.
  • Gambar 3. merupakan 3 garis vertikal yang sejajar dengan tinggi yang berurutan, menunjukkan sesuatu yang kaku, teratur serta meningkat.
  • Gambar 4. persegi hitam yang berada di sudut kotak, aspek yang dinilai berkaitan dengan kemampuan memecahkan masalah.
  • Gambar 5. merupakan 2 garis lurus berlainan arah, digunakan untuk menilai bagaimana respon seseorang terhadap suatu keadaan.
  • Gambar 6. merupakan garis horizontal dan vertikal yang letaknya terpusat, digunakan untuk mengetahui cara berfikir dan analisis seseorang.
  • Gambar 7. merupakan titik-titik garis melengkung, menunjukkan sesuatu yang memiliki sifat halus, menarik tetapi memiliki bentuk yang kompleks, Gambar ini berkaitan dengan kehidupan dan kematangan mental seseorang
  • Gambar 8. merupakan garis melengkung, menunjukkan suatu arah kepada pembulatan atau kesatuan yang serasi dan bersifat tertutup sampai tersembunyi.

Tips Mengerjakan Tes Wartegg

  1. Mulailah menggambar pilihan yang paling mudah agar tidak terlalu menghabiskan waktu.
  2. Boleh menggambar apa saja dan dimulai dari urutan mana saja, tapi usahakan gambar yang dibuat mempunyai makna.
  3. Buatlah gambar dengan garis yang jelas serta usahakan tidak ada coretan pada gambar, karena pada tes ini tidak diperkenankan menggunakan penghapus.
  4. Perbanyak latihan menggambar tes wartegg, agar selama tes tidak perlu lama memikirkan gambar apa yang akan dibuat.

Selesai.
Semoga bisa membantu anda lolos seleksi tahap psikotes dan jangan lupa untuk membagikannya ke teman Anda

Tetap Semangat !!