//adsense

Wednesday, May 9, 2018

Cara Membuat CV yang Disukai Perusahaan

Cara Membuat CV yang Disukai Perusahaan

Cara membuat CV

     Perusahaan membutuhkan CV saat melakukan perekrutan karyawan agar memudahkan HR dalam mengevaluasi secara singkat mengenai kompetensi pelamar kerja. Dalam CV juga dicantumkan riwayat pendidikan, pekerjaan, organisasi sehingga dapat diketahui gambaran kehidupan pelamar kerja.
    Perlu diketahui bahwa CV bersifat profesional, jadi perlu keseriusan dalam membuatnya. Anda juga dapat memberbaiki bentuk serta isi CV Anda dengan bertambahnya pengalaman.

Berikut cara membuat CV yang menarik dan terlihat profesional.

1. Kenali perusahaan yang anda lamar
    Tentunya isi CV yang dibuat sesuai dengan perusahaan yang dilamar. Tidak perlu melampirkan prestasi yang tidak berhubungan dengan perusahaan yang dituju. Maka dari itu, perlu mencari tahu perusahaan yang dilamar bergerak di bidang apa serta deskripsi pekerjaan dari posisi yang dilamar.

2. Konten CV
    Secara umum CV memuat hal-hal berikut ini:

  • Identitas diri: nama lengkap, alamat, no telepon, alamat email (gunakan alamat email yang profesional
  • Pendidikan: untuk mahasiswa cukup lampirkan pendidikan SMA sampai S1 saja, serta jurusan yang diambil. Jika perusahaan membutuhkan informasi IPK, maka tampilkan juga di CV anda
  • Deskripsi singkat mengenai diri: buatlah tulisan singkat yang menggambarkan diri anda
  • Pengalaman organisasi, kerja atau magang: uraikan posisi serta apa saja yang anda lakukan saat melakukan pekerjaan itu
  • Pelatihan: tentunya yang berhubungan dengan perusahaan yang dilamar
  • Prestasi yang pernah dicapai
3. Membuat CV

  • Buatlah desain yang sederhana, rapi dan informatif, untuk desain CV ada banyak disediakan secara online seperti CV Writing, CV Maker atau anda bisa mendownload template CV dalam berbagai format file.
  • Usahakan menggunakan bahasa inggris agar menambah penilaian CV anda
  • Hindari penggunaan warna yang terlalu banyak, perlu diingat bahwa CV bersifat profesional
  • Gunakan foto yang profesional, bisa menggunakan foto  ijazah anda, dan terkadang pada beberapa CV profesional foto tidak perlu dilampirkan
  • Review CV yang anda buat dan ingat tidak perlu melampirkan informasi yang tidak berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar
  • Buatlah CV dalam 1 lembar atau maksimal 2 lembar tanpa menghilangkan informasi penting diri Anda
Contoh template CV bisa anda lihat di http://www.cvtemplatemaster.com/cv-template/ 

Tips Melamar Pekerjaan Secara Online

Setelah selesai membuat CV, langkah selanjutnya adalah melamar pekerjaan baik secara online atau tatap muka. Berikut hal yang perlu diperhatikan saat melamar melalui email:

1. Perhatikan Format File CV yang dibuat
    Selalu kirimkan CV dalam format pdf, karena lebih rapi dan profesional, kecuali memang diminta untuk menggunakan format lain.

2. Ukuran File CV
    Usahakan ukuran file dari CV sekecil mungkin, maksimal 200 kb. Salah satu caranya dengan membuat CV di Word, kemudian simpan file dalam format PDF. Umumnya CV yang dibuat di word berukuran kecil. Namun bila ukuran file tetap diatas 200 kb, gunakan bantuan aplikasi pendukung lain yang berfungsi mengkompress ukuran file, ada banyak software atau website yang menyediakan layanan ini.

3. Lamaran via email
    Saat melamar pekerjaan lewat email, berikan dokumen sesuai dengan permintaan perusahaan. Tidak perlu melampirkan dokumen lain yang tidak diminta.

4. Hati-hati dengan penipuan
    Saat ini banyak penipuan yang berkedok lamaran pekerjaan. Biasanya para penipu ini akan mengirimkan email bahwa pelamar lulus administrasi, kemudian tes dilaksanakan di suatu daerah tertentu. Kemudian mereka akan menginformasikan bahwa perusahaan tersebut telah bekerja sama dengan agen travel tertentu dan meminta peserta tes untuk membayar biaya travel dan nantinya akan digantikan perusahaan, tentunya itu tidak benar. Saat ini sudah sangat jarang perusahaan yang meminta peserta tes untuk membayar biaya tes.

5. Perhatikan email perusahaan saat ingin melamar kerja
    Umumnya perusahaan menggunakan email tersendiri seperti @fmi.com untuk Freeport Indonesia, atau @pln.co.id untuk PLN, yang jelas tidak menggunakan email gratisan seperti yahoo atau gmail. Jika ada lowongan yang menggunakan email yahoo atau gmail, anda perlu cari tahu kebenaran lowongan tersebut.

6. Isilah bagian email saat mengirim lamaran. 
    Isilah subjek email, badang email serta ganti nama file yang dilampirkan menjadi nama file yang profesional. Sesuaikan dengan bahasa yang digunakan pada CV.

Contoh email lamaran kerja
contoh email lamaran kerja

Selesai.
Semoga bisa membantu anda dalam melamar pekerjaan dan jangan lupa untuk membagikannya ke teman Anda

Tetap Semangat !!